Persiapan Pernikahan Islami >>

10 Tips Mempersiapkan Pernikahan Hemat dan Berkesan

Menikah adalah sebuah peristiwa besar yang dialami oleh seseorang, terlebih bagi perempuan. Karena perayaan pernikahan hanya akan dilakukan sekali seumur hidup, pasti banyak diantara Anda yang ingin merayakannya dengan sangat berkesan. Itulah mengapa perempuan biasanya sangat detail dalam memikirkan persiapan pernikahannya, dan tidak jarang keinginan untuk membuat sebuah pesta pernikahan yang diinginkan terpentok dengan biaya yang tinggi.

Sebenarnya untuk membuat sebuah pernikahan yang berkesan, tidak melulu harus dengan biaya yang tinggi. Anda bisa kok mendapat sebuah pernikahan yang sederhana tetapi tidak terlupakan. Coba simak beberapa detail berikut:

  1. Saat sudah memutuskan untuk melangsungkan pernikahan, segera diskusikan rencana tersebut dengan keluarga. Tidak ada salahnya untuk jujur dengan anggaran yang Anda dan pasangan miliki. Siapa tahu ada anggota keluarga yang bisa bantu memecahkan masalah yang Anda hadapi, misalnya punya kenalan pihak katering, photographer, pembuat undangan atau lokasi yang bisa memudahkan sekaligus mengirit biaya.
  2. Buat daftar harga dan anggaran biaya supaya Anda bisa lebih fleksibel dalam memilih apa saja yang dibutuhkan saat pesta pernikahan. Anda juga tidak perlu memaksakan diri untuk membeli hal-hal yang bersifat hanya sebagai pelengkap.
  3. Tentukan lokasi pernikahan. Jika Anda berencana melangsungkan acara pernikahan di rumah, itu artinya Anda bisa melakukan penghematan biaya sewa gedung. Namun, jika Anda akan mengadakan pesta pernikahan di gedung, sebaiknya pilih yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah undangan.
  4. Tentukan jumlah undangan sesegera mungkin. Pikirkan orang-orang yang Anda harapkan hadir di pernikahan Anda. Jika memang keluarga dan sahabat dekat saja, katering bisa dilakukan sendiri atau dengan melibatkan rekan-rekan dan keluarga.
  5. Lakukan rangkaian prosesi acara dalam satu hari saja. Anda bisa melangsungkan akad nikah dan resepsi pada jam yang berurutan untuk menghindari biaya tak terduga.
  6. Beli bahan pakaian untuk baju pernikahan antara bulan Maret dan Juni, karena pada bulan-bulan tersebut harga bahan sedang turun. Hindari membeli bahan menjelang hari besar karena Anda akan mendapatkan harga yang cukup tinggi.
  7. Pilih persiapan pernikahan dalam bentuk paket. Saat Anda memilih gedung, biasanya mereka akan menawarkan paket-paket pernikahan dalam bentukall-in-one.Pilih paket yang sudah mencakup katering, dekorasi, photo, pakaian pengantin dan tata rias.
  8. Untuk memeriahkan acara, Anda bisa meminta sahabat-sahabat dekat untuk bernyanyi saat resepsi. Selain berkesan akrab, ini juga memangkas anggaran Anda untuk pengisi acara.
  1. Berkreasilah saat membuat undangan. Luangkan waktu jauh-jauh hari sebelum acara untuk mencoba membuat undangan yang manis dan kreatif hasil kerja Anda dan pasangan. Anda juga bisa memanfaatkan jejaring sosial dengan cara yang unik untuk menyebar undangan. Percaya deh , saat tamu-tamu sudah membaca undangan dan tahu detail pernikahan Anda –lokasi, waktu dan tempat– maka tong sampahlah yang akan menampungnya.
  2. Sama seperti undangan, jika Anda memang kreatif sangat disarankan untuk membuat souvenir sendiri. Anda bisa melihat referensinya dengan melihat video-videodi YouTube.

Selamat menyusun rencana dan selamat menempuh hidup baruSemoga pernikahan Anda langgeng dan bahagia sampai akhir hayat.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~